Apel Bersama Awal Perkuliahan Semester Genap 2023/2024 dan Kuliah Umum Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat

Apel Bersama Awal Perkuliahan Semester Genap 2023/2024 dan Kuliah Umum Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat

 

Mengawali Semester Genap 2023/2024 Senin, 19 Februari 2024, Politeknik Negeri Padang (PNP) melaksanakan apel bersama yang diikuti oleh seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan ribuan mahasiswa PNP. Apel dilaksanakan di Gedung PKM yang dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Apel kali ini menjadi terasa istimewa karena yang menjadi pembina apel adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Bapak Asnawi, SH, MH. Pada amanatnya Bapak Asnawi menyampaikan pentingnya kedisiplinan.

Setelah pelaksanaan apel, Kajati Sumatera Barat didaulat untuk memberikan kuliah umum bertajuk “Menyongsong Generasi Muda yang Sukses dan Taat Hukum”. Kuliah umum ini dilaksanakan PNP dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum dan menyiapkan generasi muda yang sukses serta taat hukum juga yang bertujuan untuk memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dengan lembaga hukum dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembentukan karakter dan integritas generasi muda.

 

 

 

Dalam kuliah umumnya, Kajati Sumbar Bapak Asnawi meminta kepada mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP), agar mengenali hukum serta jauhi hukuman. Tujuannya supaya mahasiswa agar jangan sampai berurusan dengan hukum.

“Manusia mulai bangun dari tempat tidur sampai tidur lagi, maka proses hukum sudah berlaku bagi dirinya. Kalau taat aturan dan sadar diri, maka dipastikan tidak terjadi apa-apa. Begitupun sebaliknya,” kata beliau.

Beliau mencontohkan, banyak pengusaha menjalankan bisnisnya tidak sesuai aturan. Mereka pun berhasil dengan tidak benar dan mereka tergolong beruntung, bukan sukses. Beruntung karena tidak ketahuan. Jika ketahuan, sudah pasti mereka mendapat hukuman

Begitu pula dengan pejabat yang melakukan tindakan korupsi, mereka bekerja tanpa menjalankan aturan yang benar, sehingga mereka pun mendapat hukuman. Jika mereka bekerja sesuai aturan, sudah pasti tidak mendapat hukuman.

“Termasuk dalam kategori berhasil dalam menjalankan bisnis, apabila dibarengi dengan sikap benar sesuai aturan, maka itulah yang namanya kesuksesan. Begitu pula pejabat yang sukses, mereka tidak memiliki masalah sampai masa jabatan mereka berakhir,” terang Beliau.

Bapak Asnawi juga menegaskan kepada seluruh mahasiswa PNP, jadilah generasi muda yang sukses dan taat aturan. Agar integritas terjaga serta selalu sukses dan keluarga menjadi bahagia. Sebaliknya jika dalam hidup selalu melanggar hukum, bukan hanya diri sendiri yang sengsara, seluruh keluarga juga terkena dampaknya.

“Jangan sampai kita dan keluarga kita sengsara, karena mendapat hukuman penjara, akibat dari perbuatan kita,” terang Beliau.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan tanya jawab, dan mendapatkan sambutan antusias mahasiswa PNP menanyakan berbagai persoalan hukum yang marak di negara kita, terutama terkait penanganan korupsi.

 

 

Sementara itu, Direktur PNP Bapak Dr. Ir. Surfa Yondri, S.T, S.ST, M.Kom mengatakan, kuliah umum yang diberikan oleh Kajati Sumatera Barat bertujuan untuk memperkenalkan aspek hukum kepada mahasiswa PNP. Selain itu juga memperkenalkan profil dan peran Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dalam melakukan penegakan hukum.

“Bapak Kajati Sumbar juga memberikan motivasi kepada mahasiswa, bagaimana menjadi manusia yang visioner ke depan. Caranya dengan merencanakan impian tersebut dengan menjadikannya satu visi dan memulainya dengan satu langkah pasti,” jelas beliau usai kegiatan kuliah umum.

Menurut Beliau, kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat dan mengambil peluang yang ada. Visi yang ada tanpa eksekusi sama dengan halusinasi. Setelah melangkah dan tidak puas atas hasil yang diperoleh, hal itu merupakan kebutuhan pertama untuk kemajuan.

“Selain kemampuan dibidang akademik dan keahlian yang dimiliki, diharapkan mahasiswa PNP dapat mempertahankan disiplin dan taat terhadap aturan. Ini menjadi bekal untuk nantinya memasuki dunia kerja dan industri, serta berada di tengah masyarakat. Kita di PNP salah satu keunggulannya dalam hal disiplin, bahkan setiap mahasiswa baru juga melewati proses pembekalan, melalui Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara” jelas Beliau.

 

Humas PNP 2024